Sayangi Nyawamu! Inilah 9 Resiko Penyakit Akibat Kecanduan Bermain Game Terlalu Lama

Games1188 – Bermain game memang menjadi hal mengasyikkan bagi mereka yang menyukainya. Bagi yang suka tentu bukan hal yang sia-sia apabila menghabiskan waktu untuk menikmati keseruan game yang sedang dimainkan. Kebiasaan kecanduan bermain game juga sudah tidak lagi pandang usia karena baik itu anak-anak, remaja hingga dewasa sudah dibekali dengan seperangkatan peralatan canggih untuk itu. Salah satu hal yang sangat berpengaruh untuk suka atau tidak sukanya seseorang dalam memainkan game adalah tampilannya secara visual. Berkat kecanggihan teknologi dan kemampuan para desain grafis yang sangat apik dalam menyajikan tampilan game membuat sebagian besar orang tertarik untuk mencoba. Namun, jika terlalu asyik dan lupa waktu, bermain game bisa menimbulkan bahaya berikut

Bahaya KecanduanĀ  Bermain Game Terlalu Lama

1. Membuat Ketergantungan/ Kecanduan

Adapun bahaya yang pertama adalah ketergantungan atau yang biasa disebut dengan kecanduan. Hal ini sudah jelas akan terjadi. Apalagi bagi mereka yang suka lupa waktu ketika asyik memainkan game. Bahkan hal ini didasari oleh fakta yaitu 4 hingga 10% orang yang bermain game di waktu normal. akhirnya mengalami kecanduan. Apalagi mereka yang bermain game di waktu yang lama.

2. Berisiko Obesitas

Bahaya selanjutnya adalah berisiko mengalami obesitas. Sudah bisa dibayangkan ketika sebagian besar waktu dihabiskan untuk bermain game, maka pergerakan tubuh akan semakin terbatas. Hal inilah yang membuat banyak orang khawatir ketika memainkan game terlalu lama.

3. Membuat Kejang-Kejang

Adapun bahaya selanjutnya adalah membuat kejang-kejang. Mereka para pecinta game yang akut akan sangat berisiko terkena. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa 27 dari 35 orang yang ikut bermain game, menunjukkan bahwa mereka menderita epilepsi karena terlalu sering bermain game.

4. Kemampuan Otak Memburuk

Bahaya berikutnya adalah soal otak. Bermain game dalam waktu yang lama per harinya bisa membuat otak melebar. Hal ini tentu saja akan berpengaruh buruk. Apalagi mereka yang memainkan game lebih dari 9 jam tiap harinya. Kemampuan otak dalam mencerna sesuatu bisa saja berkurang. Jangan sampai biarkan otak menjadi seperti itu.

5. Mata Menjadi Rusak

Bermain game terlalu lama bisa menyebabkan mata menjadi lelah. Jika hal ini terus terusan terjadi, maka lama-kelamaan mata akan menjadi rusak. Jangan sampai hal ini terjadi karena mata adalah salah satu aset berharga dalam hidup.

6. Punggung Bawah Rusak

Tidak peduli berapapun usianya, bermain game bisa membuat tulang punggung bagian bawah menjadi rusak. Hal ini juga didukung oleh riset yang sudah berhasil dilakukan. Untuk itu, perlu upaya menjaganya sehingga bisa sehat sebagaimana normalnya.

7. Mengalami Nintendonitis

Adapun bahaya berikutnya ini dinamakan Nintendonitis. Penyakit ini membuat tangan menjadi kram. Adapun bagian yang biasa diserang ialah pergelangan, lengan dan juga sikut. Bagian-bagian tersebut memang sering digunakan saat bermain game.

8. Mengalami Gagal Jantung

Bahaya berikutnya memang sangat mengerikan. Kecanduan bermain game terlalu lama bisa membuat seseorang terkena gagal jantung. Untuk itu, perlu dibatasi waktu bermain game agar bisa aman bagi kesehatan tubuh. Apalagi risiko penyakit yang ditimbulkan tidak main-main. Bisa membahayakan kesehatan tubuh. Apalagi terkait dengan organ dalam yang berfungsi sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh.

9. Mengalami DVT (Deep Venous Thrombosis)

Bahaya berikutnya adalah terkena penyakit DVT. Penyakit ini membuat darah yang yang ada di vena menjadi menggumpal dan membuat kesakitan seseorang yang terlalu lama menghabiskan waktu dalam posisi duduknya. Hal ini tentu saja sangat berdampak bagi merekan yang suka memainkan game dalam waktu yang lama. Risiko terkena DVT akan semakin besar. Maka hindarilah hal demikian.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *